Potensi Wisata Desa Bodas ‘Telaga Jendul’

TELAGA JENDUL terletak di Dusun Belik Desa Bodas Kec. Watukumpul. Jarak dari Ibu Kota Kecamatan kurang lebih 4 KM, Jika di tempuh menggunakan kendaraan bermotor sekitar 30 menit. Penamaan Telaga Jendul menurut kisah  terdahulu ada seorang ibu yang kehilangan anaknya dan setelah dicari kemana-mana sampai berhari-hari tidak juga ketemu, akhirnya ibu tersebut bersandar di pohon besar sambil menangis tiada henti sampai matanya membengkak (istilah jawa:JENDUL)gan.

 

Ada sebuah cerita lagi bahwa di Dusun Belik Desa Bodas terdapat sebuah telaga yang terletak di sekitar tanah Perhutani di perbatasan Desa Gapura. Namun semakin hari airnya semakin berkurang dan pohon-pohon besar disekitar telaga banyak yang mati dan tumbang, kemudian oleh warga bergotong-royong kubangan telaga tersebut diurug sehingga membentuk sebuah LAPANGAN BOLA hingga sampai saat ini masih digunakan sebagai lapangan bola.

 

Pada awalnya TELAGA JENDUL adalah justru sebuah tanah lapang yang digunakan oleh warga untuk bermain bola, karena di lapangan tersebut terdapat pohon-pohon yang besar disekitarnya lama-kelamaan akhirnya keluarlah sumber mata air. Kemudian lapangan tersebut berlumpur dan semakin lama membentuk telaga. Oleh warga sekitar akhirnya dibuatlah bendungan sehingga mencapai kedalaman 3 meter.

 

BISA dibilang aneh tapi nyata. Sebuah lapangan bola berubah menjadi sebuah telaga dan sebaliknya sebuah Telaga menjadi Lapangan Sepak Bola. Di Telaga Jendul terdapat ikan Tawes, Lele,  dan Mujaer yang bisa dipancing bebas oleh siapapun. Potensi menjadi tempat wisata yang maju sangat besar karena lokasinya ditepi jalan utama menuju Balai Desa Bodas dan sangat sejuk, namun lagi-lagi terkendala anggaran. Ada sedikit yang disayangkan bahwa telaga jendul terletak di tanah Perhutani sehingga perlu perencanaan yang matang apabila ingin mengembangkan sebagai tempat wisata berbayar.

Pada beberapa tahun terakhir Telaga Jendul telah mengalami perbaikan oleh pemerintah, diantaranya kedalaman ditambah menjadi 5 meter disebelah timur dan 3 meter disebelah barat, Tepian dibuat Pondasi melingkar dan disebelah utara terdapat 3 buah payung untuk bersantai.

Jika ada waktu sempatkanlah berkunjung ke Telaga Jendul sambil berfoto-foto sambil mendengarkan suara hutan pinus di perjalanan menuju Desa Bodas.

Mungkin Anda Menyukai

4 tanggapan untuk “Potensi Wisata Desa Bodas ‘Telaga Jendul’

  1. Tingkatkan dong potensi desa bodas menjadi desa pariwisata karena potensi pariwisata desa bodas besar sekalai tidak cuma TELAGA doang tp AIR TERJUN di EXPLOER serta di bukit igir sekebo bisa di buat area OUT BOUND serta FLAIYING FOX itu semua bisa diwujudkan dengan pengolahan DANA DESA dari PEMERINTAH yang maksimal serta bisa menggunakan PROGRAM DANA CSR dari INTANSI2 PEMERINTAH serta SWASTA tinggal dibuatkan proposalnya ..

  2. Sdri Asih Widiastuti, kami butuh waktu dan ide untuk menjabarkan itu semua. Mungkin nanti awal awal tahun 2017 mulai konsen ke website. Terima kasih sekali lagi atas dukungan anda.

  3. Saya Rasyid dari Ilalang Komunitas Perupa Pemalang, mohon peta desa Bodas ukurannya diperbesar pak/bu, agar kami bisa melihat lebih jelas, keperluan kami adalah akan mengadakan acara melukis telaga jendul untuk keperluan explore obyek pemalang ke dalam lukisan (ini kegiatan kesenian ), tapi waktunya belum kami tentukan, kemungkinan setelah musim penghujan selesai. mohon juga di terangkan rutenya kalau dari watukumpul arahnya kemana dan melewati desa apa saja? apakah jalan ke arah telaga sudah bisa di lalui sepeda motor? juga barangkali ada akun FB, mohon di add akun saya Al Rasyid atau Ilalang Komunitas Perupa Pemalang, terima kasih.

    1. Rute perjalanan ke Desa Bodas:
      Dari Pemalang ke selatan belok kiri di pertigaan Semingkir,melewati jalan raya Wisnu-Majakerta kemudian belok kiri lagi di pertigaan Majakerta, lurus terus sampai melewati Kantor Camat Watukumpul lurus terus ke timur. Nah setelah sampai di pertigaan Majalangu belok kiri keutara menuju Desa Bodas, ditengah jalan nantinya akan menjumpai Gapura Selamat Datang di Desa Bodas. SELAMAT BERKARYA..!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *